Gerindra Bantu Warga Terdampak Banjir di Empat Desa

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Anggota DPR RI Abdul Wachid mendorong penanganan korban banjir tak hanya berupa pemberian bantuan. Namun juga harus menyasar aspek pascabencana. Langkah itu penting agar berbagai aspek kehidupan warga korban bencana kembali bangkit, terlebih saat era pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Hal itu disampaikan Abdul Wachid saat menyerahkan berbagai bantuan seperti beras, makanan anak-anak, kasur, matras, selimut hingga peralatan dapur kepada warga terdampak korban banjir di Desa Dorang Kecamatan Nalumsari, Jepara, Rabu (03/02/2021).

Anggota DPR RI Abdul Wachid saat meninjau dapur umum di balai desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Rabu (03/02/2021).

Selain di Jepara, Abdul Wachid yang didampingi pengurus DPD Gerindra Jateng Korwil Jepara, Kudus dan Demak Ahmad Yanuar Rikza (Ari Wachid), dan pengurus DPC serta anggota DPRD setempat juga menyerahkan bantuan serupa di tiga desa di Kabupaten Kudus yang juga dilanda banjir yakni Desa Banget, Blimbing dan Pasuruan Lor.

“Kegiatan ini kami kerjasama dengan Kementerian Sosial. Bantuan untuk korban banjir memang penting, tapi penanganan pascabencana juga sama pentingnya,” jelas Wachid.

Banjir yang merendam empat desa baik wilayah Jepara maupun Kudus itu sudah berlangsung selama beberapa hari. Ada ribuan warga yang terdampak.

Di Desa Dorang misalnya tercatat ada 900 KK atau 2959 warga yang terdampak banjir. Air masuk ke pemukiman warga sejak Minggu (31/1). Dan hingga Rabu (03/02/2021), ketinggian air berkisar antara 0,5 meter – 1,5 meter.

Seiring banjir, berbagai aspek kehidupan termasuk perekonomian masyarakat juga ikut terdampak. Bahkan lahan pertanian di desa tersebut ikut terendam dan jika air tak kunjung surut maka berpotensi gagal panen.

Lebih lanjut Abdul Wachid mengungkapkan, penanganan pascabencana yang bisa dilakukan beragam. Mulai dari perbaikan infrastruktur hingga penyediaan pupuk dan benih. Sebab wilayah yang dilanda banjir termasuk kawasan pertanian yang berkontribusi ikut menyokong ketahanan pangan di dua kabupaten itu.

“Makanya saya ajak anggota DPRD Fraksi Gerindra baik di Jepara maupun Kudus turun langsung ke lokasi bencana. Agar mereka juga bergerak cepat dan bersinergi dengan pemkab terkait penanganan pascabanjir ini,” ujar Abdul Wachid yang juga Ketua DPD Gerindra Jateng.

Sementara Wakil Ketua Komisi C DPRD Jepara Arizal Wahyu Hidayat mengatakan pihaknya langsung berkomunikasi dengan OPD yang menjadi mitra kerja jajarannya. Menurut Arizal yang juga Ketua DPC Gerindra Jepara, rencananya ada sejumlah progam dan kegiatan terkait penanganan banjir di Desa Dorang.

“Kami sudah komunikasi dengan Pemkab Jepara. Tapi untuk besaran anggaran nanti kita bahas karena masih ada Covid-19,” kata dia.

Kepala Desa Dorang Arif Supratiknyo mengapresiasi upaya yang dilakukan anggota DPR RI Abdul Wachid dan jajarannya. Menurutnya, penanganan pascabanjir memang sangat penting untuk menyemangati ribuan warganya yang terdampak banjir tahun ini.

“Harapannya dalam waktu dekat bantuan sembako tetap ada. Tapi setelah itu yang sifatnya jangka panjang juga tetap dibutuhkan warga,” tandas Arif. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: