Vaksinasi Tahap Pertama Optimis Rampung Akhir Februari

BERITAPANTURA.id, DEMAK – Kemenkes lakukan 2 tahap vaksinasi pada tenaga kesehatan yakni tahap pertama, pada Januari sebanyak 598.483 tenaga kesehatan. Kemudian dilanjutkan tahap kedua, kepada 888.282 tenaga kesehatan, dengan tujuan untuk mencapai target 1,48 juta tenaga kesehatan yang telah melakukan vaksinasi hingga akhir Februari 2021.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi pada video conferencenya (Vidcon) dengan tema Akselerasi Vaksinasi Covid-19 tersebut diikuti oleh Sekda Demak Singgih Setyono serta Para Asisten Sekda di Posko Covid Ruang Command Center, Jum’at (29/01/2021).

(Foto: Ilustrasi)

Sebagai informasi, cakupan vaksin di Kabupaten Demak mencapai 79% urutan nomor 19 Se-Jateng, sedangkan untuk Se-Indonesia sendiri  Jawa tengah paling tertinggi. Diperlukan percepatan dalam melakukan vaksinasi dengan cara Nakes  yang sudah terdaftar tapi tertunda diganti nakes lain. Selanjutnya jatah vaksin yang ada sekarang  diupayakan di pakai habis serta bagi yang sudah memiliki tiket secepatnya dilayani

Sesuai grafik, jumlah tenaga kesehatan terus mengalami peningkatakan. peningkatan tenaga kesehatan yang divaksin baru sekitar 10.000 per harinya, namun beberapa hari terakhir terdapat peningkatan sekitar 30.000 hingga 40.000 orang per hari.

Saat ini pihaknya tengah berupaya melakukan percepatan, agar vaksinasi tahap pertama yang dilakukan pada Januari ini bisa selesai sesuai target.

“Kami optimistis pada akhir Februari vaksinasi pada tenaga nakes akan selesai,” kata Gunadi.

“Kendala utamanya ada pada registrasi yang di mulai tanggal 21. Semoga bisa kita akselerasi secepatnya,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa masih ada vaksinasi sebagian tenaga kesehatan yang harus ditunda karena kondisi kesehatan, seperti kondisi komorbid yang tidak terkendali dan lainnya. Meski begitu, pihaknya memastikan tidak akan mengganggu proses vaksinasi kepada kelompok lainnya.

Budi Gunadi menambahkan, Setelah proses vaksinasi kepada tenaga kesehatan rampung, vaksinasi akan dilaksanakan kepada petugas pelayanan publik pada Maret dan April 2021.(BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: