Sensus Penduduk 2020, Brebes Terbanyak di Jateng

BERITAPANTURA.id, BREBES – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2020 Kabupaten Brebes menempati rangking pertama untuk jumlah penduduk di Jawa Tengah.

Kabupaten Brebes memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,98 juta jiwa dari jumlah penduduk di Jawa Tengah sebanyak 36,52 juta jiwa, dan penduduk Indonesia sebanyak 270,2 juta jiwa.

Wakil Bupati Brebes Narjo bersama jajarannya, dan Kepala BPS Brebes Prita Rextiana mengikuti rilis Hasil Sensus Penduduk tahun 2020 dan Data Administrasi Kependudukan (Adminduk) tahun 2020 di Hall Room Hotel Borobudur, Jakarta dari ruang rapat Setda Brebes. (Foto: Diskominfo Brebes)

Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Kementerian Dalam Negeri merilis Hasil Sensus Penduduk tahun 2020 dan Data Administrasi Kependudukan (Adminduk) tahun 2020 di Hall Room Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (21/01/2021). Kegiatan itu diikuti virtual oleh Wakil Bupati Brebes Narjo bersama jajarannya, dan Kepala BPS Brebes Prita Rextiana, dari ruang rapat Setda Brebes.

Berdasarkan hasil SP 2020, terbanyak kedua untuk Jateng, Kabupaten Cilacap (1,94 juta jiwa), ketiga Banyumas (1,78 juta jiwa), dan keempat Kota Semarang (1,65 juta jiwa).

Menurut Wakil Bupati Brebes Narjo, jumlah penduduk yang besar merupakan tantangan bagi Brebes. Bisa menjadi berkah jika penduduknya berkualitas, namun akan menjadi masalah ketika penduduknya tidak berkualitas. Untuk itu, dia menekankan pentingnya peningkatan sumberdaya manusia di wilayahnya, agar makin berkualitas.

“Penduduk yang banyak menjadi peluang sekaligus tantangan untuk pembangunan Kabupaten Brebes,” ujar Narjo, di sela rilis virtual hasil SP2020.

Brebes, lanjutnya, bisa menjadi sumber tenaga kerja yang luar biasa. Apalagi dalam menghadapi bonus demografi, di mana persaingan menjadi tidak ringan bagi anak anak muda Brebes.

“Pemkab Brebes, akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk peningkatan kualitas SDM serta tersedianya lapangan kerja, antara lain dibangunnya Kawasan Industri Brebes dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes. Saya optimis, Brebes makin hebat dengan penduduk yang banyak,” tandas Narjo. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: