Hari Ini Jepara Menerima 4.420 Vaksin Sinovac Tahap Pertama

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Sebanyak 4.420 vaksin Covid-19 tahap pertama tiba di Kabupaten Jepara, Sabtu (23/1/2021) petang. Vaksin Sinovac tersebut dibawa dengan pengawalan ketat oleh pihak kepolisian dan langsung disimpan di Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara dr. M Fakhrudin mengatakan, vaksin sudah diambil dengan pengawalan 2 orang petugas dari Polres Jepara, mulai dari Gudang Vaksin Dinkes Provinsi Jawa Tengah di Semarang hingga ke IKF Dinkes, Demaan Jepara.

Vaksin untuk Kabupaten Jepara sudah diterima oleh petugas dari Dinas Kesehatan, Dr. Taukhid Kasie SIM Dinkesprov ke Ikha Rahmawati Apt ka UPT IFK DKK. (Foto : DKK Jepara)

Jepara menerima 4.420 vaksin atau 8.840 dosis vaksin Sinovac untuk para tenaga kesehatan dan sejumlah penerima vaksin. Ganjar saat mengecek ketersediaan vaksin di gudang Dinkes Provinsi beberapa waktu lalu.
Dikatakan Fakhrudin, total ada 4.420 vaksin atau 8.840 dosis vaksin Sinovac untuk tenaga kesehatan (nakes) dan juga pejabat publik di Kabupaten Jepara. Termasuk Bupati Jepara, dan jajaran Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda), untuk yang akan disuntik vaksin Sinovac pertama kali di Jepara.

“Ada 4.420 vaksin dengan 2 kali suntik sama dengan 8.840 dosis yang tiba di Jepara hari ini,” kata Fakhrdurin.

Setelah tiba di Jepara, rencanaya Senin (25/1/2021), akan dilakukan pencanangan penyuntikan vaksin oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi, dan jajaran Forkopimda, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RA Kartini Jepara.

“Untuk waktunya nanti masih menyesuaikan jadwal bupati,” kata dia.

Saat ini Dinkes Jepara sudah melakukan berbagai persiapan agar prosesnya berjalan lancar. Termasuk pengecekan kesiapan pelayanan kesehatan atau Puskesmas di Kabupaten Jepara. Beberapa Puskesmas yang akan melakukan proses vaksinasi, juga telah dicek kesiapan sarana dan prasarananya. Termasuk petugas yang akan melakukan penyuntikan.

Di Kabupaten Jepara, ada 29 Fasilitas Kesehatan yang dipersiapkan. Terdiri dari 22 Puskesmas, 5 Rumah Sakit dan 2 klinik kesehatan masing-masing milik Polres Jepara dan Kodim 0719 Jepara.

Fakhruddin menyatakan, rencananya proses penyuntikan vaksin Sinovac itu akan dilaksanakan pada Senin (25/1/2021) esok.

Saat ini Dinkes Jepara sudah melakukan berbagai persiapan agar prosesnya berjalan lancar. Termasuk pengecekan kesiapan pelayanan kesehatan atau Puskesmas di Kabupaten jepara. Termasuk petugas yang akan melakukan penyuntikan.

Para nakes yang menerima vaksin, rencananya akan disuntik sebanyak 2 kali. Dengan internal waktu selama 14 hari. Sehingga diharapkan, tahap pertama vaksinasi di Jepara bisa langsung tuntas.

Sedangkan secara keseluruhan diharapkan tahun 2021, vaksinasi di Jepara sudah selesai. “Ditargetkan tahap pertama tanggal 28 Januari sudah tuntas,” kata dia. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: