Bupati Batang Pantau Penggunaan Dana Hibah untuk Pencegahan Covid-19

BERITAPANTURA.id, BATANG – Bupati Batang Wihaji meninjau langsung ke beberapa Rukun Tetangga (RT) penerima dana hibah dari pemerintah pusat masing-masing sebesar Rp2,5 juta. Dia memastikan anggaran itu benar-benar digunakan untuk pencegahan Covid-19 dan pemberdayaan masyarakat.

“Karena turunnya anggaran pada akhir tahun 2020, kita putuskan pertama untuk pencegahan Covid-19, dengan kita memberi hibah ke semua RT untuk pembuatan masker dan tempat cuci tangan,” kata bupati, saat ditemui di Kelurahan Sambong, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (21/01/2021).

Bupati Batang Wihaji. (Foto: detik.com)

Ditambahkan, untuk pemberdayaan masyarakat, dana itu bisa digunakan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di wilayah tersebut, seperti budidaya madu dan cacing. Diharapkan, budidaya cacing bisa sukses, karena sudah ada warga yang berhasil membudidayakan cacing, dengan penghasilan yang menjanjikan. Karenanya, masyarakat yang masih kesulitan dengan budidaya cacing bisa berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Dalam pemberdayaan ini memang ujiannya berat. Tapi minimal ada edukasi yang dilakukan. RT yang mempunyai potensi silakan saja, dan ini menjadi salah satu ruang pendapatan baru bagi institusi paling rendah yaitu RT,” jelasnya.

Dijelaskannya, setiap RT mendapatkan anggaran sebesar Rp2,5 juta, dengan rincian Rp1 juta untuk pemberdayaan PKK dengan budidaya tanaman jenis sayuran, dan Rp750 ribu untuk pemberdayaan. Sementara sisanya untuk pencegahan Covid-19. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: