Awal Februari, Vaksinasi Sinovac di Jepara Akan Dimulai

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Gubernur Ganjar Pranowo menjadi orang pertama yang menjalani proses vaksinasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Penyuntikan vaksin Sinovac, dilaksanakan pada Kamis (14/01/2021) pagi. Sedangkan di Kabupaten Jepara, dilaksanakan bersama dengan kabupaten/kota lainnya pada awal bulan depan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara M Fakhrudin, saat Special Talkshow, di LPPL Kartini FM Jepara.

Special Talkshow Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara M Fakhrudin di LPPL Kartini FM Jepara. (Foto: Diskominfo Jepara)

“Saat ini untuk tingkat Jawa Tengah sudah dimulai, sedangkan untuk Jepara akan dilakukan awal bulan Februari 2021,” jelasnya.

Fakhrudin menyebut, saat ini Dinkes Jepara tengah melakukan berbagai persiapan agar prosesnya berjalan lancar. Termasuk pengecekan kesiapan pelayanan kesehatan atau Puskesmas di Kabupaten jepara.

“Saya akan terus memantau kesiapan di Puskesmas Pakisaji, dan Kecamatan Bangsri untuk kesiapan pelayanan vaksinasi,” ujarnya.

Tahap pertama proses vaksinasi, lanjut Fakhrudin, pihaknya mengusulkan sebanyak 4.786 dosis. Tahap pertama itu akan diperuntukkan bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan (nakes). Namun demikian, belum diketahui secara pasti berapa jatah yang akan dikirim ke Jepara, karena amsih tersimpan di gudang milik Pemprov Jateng.

“Kami siap untuk menerima vaksin, di Jepara juga sudah siap gudang vaksin dan juga penyimpanan vaksin di Puskesmas,” tandasnya.

Para nakes yang menerima vaksin, rencananya akan disuntik sebanyak dua kali. Dengan internal waktu selama 14 hari. Sehingga diharapkan, tahap pertama vaksinasi di Jepara bisa langsung tuntas.

“Februari nanti selesai. Maret diharapkan bisa dilanjutkan untuk tahap 2,” pungkasya. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: