Wujudkan Batang Sebagai Daerah Tertib Ukur

BERITAPANTURA.id, BATANG – Bupati Batang menjadi narasumber dalam talkshow metrologi nusantara Kemenperin dengan tema “Metrologi Legal Menyongsong Terwujudnya Kawasan Industri Batang” secara virtual di Command Center Diskominfo, Kabupaten Batang, Kamis (7/1/2021).

Bupati Batang Wihaji menyampaikan, bahwa sistem sudah mulai berubah selalu mengalami perbaikan-perbaikan disaat yang sama teknologi berkembang sangat pesat itu penting buat saya, karena bagi kita semua khususnya metrologi legal yang hubungannya ukur mengukur.

Bupati Batang menjadi narasumber dalam talkshow metrologi nusantara Kemenperin secara virtual di Command Center Diskominfo, Kabupaten Batang, Kamis (07/01/2021). (Foto: Diskominfo Batang)

“Pemkab Batang mempunyai tujuan untuk mewujudkan Kabupaten Batang sebagai daerah tertib ukur,” jelas Wihaji.

Wihaji menjelaskan, dengan langkah-langkah strategis diantaranya meningkatkan pelayanan tera dan tera ulang dan aktivasi pengawasan Kemetrologian, membangun infrastruktur Unit Metrologi Legal, membangun ketertiban hasil melalui sistem keterlusuran kuantitas dan kualitas produk, dan meningkatkan pemahaman masyarakat dibidang metrologi legal.

“Sasaran metrologi Kabupaten Batang sendiri meliputi industri, bio agriculture, perdagangan, dan pariwisata dengan meningkatkan sumber daya manusianya seperti penera mahir, penera ahli pratama, penera terampil, pengawas kemetrologian, dan tenaga administrasi,” tegasnya.

Kesiapan menyongsong Kawasan Industri Terpadu Batang yang harus diperhatikan dalam standarisasi metrologi legalnya adalah standarisasi alat ukur yang memperhatikan jaminan akan ketersidaan standar alat ukur dan standarisasi satuan pengukuran dengan itu akan meningkatkan daya saing produk Kabupaten Batang. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: