Peringatan Maulid Nabi, Ratusan Anak Ikuti Khitanan Massal JHK Kudus

banner 468x60

BERITAPANTURA.idKUDUS – Ada yang menarik dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Kretek Kudus, pengurus Jam’iyyatul Hujjaj Kudus (JHK) bersama Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kudus menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis di Gedung JHK Kudus, Minggu (1/11/2020).

Meski di tengah masa pandemi Covid-19, panitia khitanan pun harus mengubah skema pelaksanaan sesuai dengan protokol kesehatan. Hingga pelaksanaan sunat pun dibagi menjadi beberapa sesi, agar terhindar dari kerumunan sejumlah peserta dan keluarga pengantar.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Ilustrasi : Sejumlah peserta khitan massal

Bahkan panitia kegiatan juga tak henti-hentinya mengingatkan kepada perwakilan keluarga yang datang untuk tetap menjaga jarak dan memakai maskernya.

Menurut ketua panitia H. Asro menjelaskan, penyelenggaraan khitanan tersebut digelar setelah pengajian rutin Ahad Legi dengan pembicara KH. Yusrul Hana. Peserta khitanan sendiri ada sebanyak 135 anak yang berasal dari Kudus dan sekitarnya.

“Kebanyakan dari Kudus sendiri, kami bagi menjadi tiga sesi, per sesinya 45 anak. Itu untuk menghidari kerumunan massa dalam jumlah banyak. Para peserta, keluarga, panitia dan dokter wajib bermasker. Ada juga pegecekan suhu, sarana cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer,” terangnya.

Ia merincikan, pada sesi pertama dimulai pukul 08.00 hingga 09.30 WIB, sesi kedua mulai 09.30 WIB hingga 11.00 WIB dan sesi ketiga 11.00 hingga 12.30 WIB. Sebelumnya, para peserta juga mengikuti tes kesehatan, dan pembagian bingkisan.

“Alhamdulillah kami juga disupport dari PR Sukun, dan para donatur dari IPHI di Kudus. Selain bingkisan berupa baju koko, peci, sarung, tas dan yang lain kami juga berikan uang saku bagi peserta,” ujarnya.

Pihaknya menyiapkan sembilan dokter khitan, sembilan asisten, dua petugas kesehatan dan satu mantri suntik. Ia pun mengharapkan ratusan anak yang mengikuti khitanan tersebut bisa menjadi generasi muda yang soleh, berbakti kepada orang tua, dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

“Mudah-mudahan setelah dikhitan ini bisa lekas sembuh dan anak-anak pun tetap sehat dan semangat di tengah pandemi ini,” tandasnya. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan