Terjebur Sumur, Tim SAR Evakuasi Kakek Dari Kedalaman 15 Meter

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Peristiwa yang terjadi pada sore ini sangat mengagetkan, pasalnya seorang kakek ditengarai terjebak dalam sumur dengan kedalaman 15 meter sempat berteriak minta tolong hingga membuat panik masyarakat sekitar.

Dalam peristiwa ini, seorang kakek bernama Bardi (77) warga Desa Pulodarat Kecamatan Pecangaan diketahui tercebur sumur dan bisa di evakuasi tim gabungan pada petang hari. Kejadian ini berlangsung pada Rabu (25/12/2019), di rumahnya yang berada di Desa Pulodarat RT 08 RW 01 Kec. Pecangaan.

Petugas SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban dari dalam sumur, kejadian terjadi pada Rabu (25/12/2019) di Krasak Pecangaan (Foto : BPBD Jepara)

Beruntung sang kakek tersebut masih bisa diselamatkan, meski dalam kondisi yang cukup memperihatinkan karena terjebak kurang lebih 2 jam di dalam sumur. Berkat kesigapan tim SAR gabungan pula, cukup 15 menit misi evakuasi dapat berjalan lancar.

Menurut keterangan saksi, saat itu kakek ini diketahui tengah terjebak dalam sumur. Beberapa saksi mata yang merupakan tetangga korban, Giyanto (40) dan Iin (23) warga Desa Pulodarat Rt 08/01 Kec. Pecangaan menceritakan, kejadian terjadi pukul 14.35 WIB. Warga dikejutkan dengan suara teriakan seorang laki-laki yang meminta tolong.

Lalu Giyanto (40) dan Iin (23) mencari sumber suara, dan mendekati sebuah sumur. Saat itu pula diketahui bahwa suara itu berasal dari teriakan Bardi yang sudah berada didalam sumur, mengetahui ada orang di dalam sumur, Giyanto melaporkan kejadian tersebut kepada tetangga, dan pihak terkait.

Baca Juga : EWS Tempur Tidak Berfungsi Baik, BPBD Jepara Monitor Manual

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin Noor Isdiyanto menyatakan, pihaknya dalam hal ini Pusdalops mendapatkan laporan kejadian sekitar jam 14.35 WIB. Selanjutnya langsung merespon dengan mengirimkan sejumlah personel ke TKP bersama Basarnas.

Saat itu korban secara tak sengaja terperosok kedalam sumur saat mengecek kondisi sumur. Hal ini juga berkat kesigapan Tim SAR gabungan dari beberapa elemen diantaranya BPBD Jepara, BASARNAS Pos SAR Jepara, Koramil Pecangaan, POLSEK Pecangaan, SATPOL PP Kec. Pecangaan, PMI Jepara, Jepara Rercue, Senkom Jepara, Tagana, Bagan dan Warga.

” Setelah menerima laporan, langsung menuju lokasi untuk evakuasi korban, proses evakuasi pengangkatan korban dari dalam sumur berlangsung 15 menit. Korban berhasil di evakuasi oleh TIM SAR gabungan pada pukul 16.30 WIB dengan kondisi selamat, lalu korban di angkat ke dalam rumah kemudian selanjutnya di bawa ke puskesmas Pecangaan untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut” terangnya. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: