Kuatkan Satgas, Pemprov Jateng Bantu Jogo Tonggo Kit

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, KUDUS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memberikan bantuan Jogo Tonggo kit kepada Pemkab Kudus paket berupa 10 unit baju APD, 100 lembar masker, satu buah thermo gun, buku-buku petunjuk teknis, 10 pasang sepatu boots, 10 pasang sarung tangan, dan 30 liter disinfektan dari. Bantuan tersebut nantinya akan segera disalurkan kepada 132 desa/kelurahan di wilayah kabupaten Kudus.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, dalam rangka memotivasi dan penguatan pelaksanaan Satgas Jogo Tonggo, pihaknya siap menyalurkan paket Jogo Tonggo kit untuk seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Kudus.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menerima secara simbolis paket Jogo Tonggo kit di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (03/07/2020). Foto: Dok. Diskominfo Kudus.

“Saya apresiasi yang sebesar-besarnya dan terima kasih atas penyerahan Jogo Tonggo Kit kepada Pemkab Kudus. Hal ini tentu sangat mendukung sekali dan memotivasi pelaksanaan Jogo Tonggo di desa dan kelurahan di Kabupaten Kudus,” kata Hartopo usai menerima secara simbolis paket Jogo Tonggo kit di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (03/07/2020).

Hartopo menyampaikan, tren kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus cenderung tinggi, sehingga masuk zona oranye. Dia menjelaskan, hal tersebut terjadi karena Pemkab Kudus sedang melakukan screening swab test secara masif dengan menggunakan alat Realtime-PCR. Dengan alat tersebut, Setiap hari dapat dilakukan screening untuk 90 orang dan rata-rata terdeteksi empat sampai lima persen orang yang positif.

“Kita sedang adakan screening masal secara masif dengan alat Realtime-PCR yang merupakan bantuan dari CSR. Tiap hari bisa mendeteksi kira-kira 90 orang dan rata-rata empat sampai lima persen ada yang positif,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, keberadaan Satgas Jogo Tonggo di tingkat RW merupakan upaya untuk memutus mata rantai Covid-19. Guna mendukung pelaksanaannya, Pemprov berupaya membantu dengan menyerahkan Jogo Tonggo kit kepada seluruh desa/kelurahan di Jawa Tengah. Nantinya pelaksanaan Satgas Jogo Tonggo juga akan didukung dengan pemanfaatan sistem informasi untuk memantau perkembangan satgas di tiap RW.

Jogo Tonggo tak hanya menangkal Covid, namun suatu upaya berkelanjutan untuk menangkal virus lainnya. Sistem informasi Satgas Jogo Tonggo juga telah disiapkan, apabila sudah sudah jalan, dapat memantau RW-RW yang sudah aktif perkembangannya,” jelas Yunanto.

Perwakilan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah Mawahib Afkar mengungkapkan, Jogo Tonggo kit saat ini hanya bisa diserahkan per-desa. Untuk itu, masing-masing desa diharapkan dapat memanfaatkan Jogo Tonggo kit secara maksimal pada satgas di tingkat RW. Pihaknya juga terus berupaya agar ke depan Jogo Tonggo kit dapat diserahkan merata hingga tingkat RW.

“Atas nama pemprov, kami menyampaikan terima kasih dan mohon maaf apabila hanya bisa memberikan ini, dan semoga bulan depan dapat menganggarkan (Jogo Tonggo kit) lebih dari ini. Tetap sehat dan tetap semangat,” harapnya. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan