Plt. Bupati Kudus Serahkan BST Kemensos kepada Masyarakat

banner 468x60

BERITAPANTURA.idKUDUS – Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus H.M. Hartopo secara simbolis menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) uang tunai Rp600 ribu dari Kemensos kepada masyarakat terdampak Covid-19. Pembayaran BST Tahap I tersebut dilaksanakan di Kantor Pos Kudus, Senin (11/05/20).

BST Tahap I ini dilaksanakan selama tiga hari dengan total 1069 penerima dari Kecamatan Kota. Secara keseluruhan, terdapat 6004 penerima BST se-Kabupaten Kudus yang dimungkinkan dapat bertambah.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Foto: Dok. Diskominfo Kudus

“Di kudus ini ada 11 titik, di sini (Kantor Pos) ada 3 titik, sehingga yang di kecamatan ada 8 titik. Jadi semua yang diserahkan ada 6004 saat ini. Ada data tambahan yang total semuanya sembilan ribu sekian. Semoga dalam tiga bulan ini bisa diserahakan pada orang-orang yang memang betul-betul berhak menerima,” ucapnya.

H.M. Hartopo telah menginstruksikan Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus untuk membuat skala prioritas bagi para penerima bansos. Penerima haruslah dari masyarakat yang sedang terpuruk akibat mata pencahariannya terdampak Covid-19. Hal tersebut dilakukan demi menghindari terjadinya kecemburuan sosial di masyarakat.

“Dari Dinas Sosial membuat skala prioritas untuk yang mendapatkan bantuan, diutamakan orang-orang yang sedang terpuruk, jangan sampai terjadi kecemburuan di masyarakat,” jelas Hartopo.

Terkait verifikasi data, H.M. Hartopo meminta agar para kepala desa / lurah untuk menempel daftar para penerima bansos di kantor kepala desa / kelurahan hingga ke tingkat RT. Pihaknya ingin masyarakat turut memverifikasi dan mengevaluasi data tersebut, sehingga bantuan betul-betul tepat sasaran.

“Untuk penerima bansos dari Kemensos, Dana Desa, Provinsi dan Pemda Kudus harus ada listnya masing-masing. Semua data itu akan ditempel di semua RT, di setiap kantor desa tujuannya biar masyarakat bisa ikut verifikasi dan evaluasi, biar semua orang tahu dan ikut menilai,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu penerima bansos, Irwanti, seorang ibu rumah tangga dari Desa Damaran menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diterima. Ia mengungkapkan, selama ini untuk kebutuhan sehari-hari disokong dari penghasilan anak pertamanya, karena suami sudah tidak bekerja.

Nantinya, bantuan tersebut akan digunakan sebagai biaya kebutuhan anak keduanya yang sedang berkuliah melalui beasiswa. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan