Jelang Lebaran, Warga Buru Penukaran Uang Kertas Baru

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Meski Lebaran masih cukup lama. Namun, penyedia jasa penukaran uang baru sudah mulai tampak di kawasan Jalan Kartini, Kecamatan Jepara. Warga pun tampak silih berganti datang untuk menukarkan uang yang sudah menjadi tradisi menyambut lebaran.

Penyedia jasa penukaran uang baru perorangan mudah dijangkau oleh warga yang mangkal di pinggir jalan dan trotoar. Uang yang disediakan nilainya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Seperti yang dikatakan oleh salah satu penyedia jasa asal Kabupaten Demak Asyhari, Selasa (12/05/2020).

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Penyedia jasa penukaran uang baru di sepanjang Jl. Kartini, Jepara, Selasa (12/05/20).

“Hari saya membawa Rp 50 juta, dan tapi pagi tadi ada yang minta tukar diantar ke rumah nominalnya Rp 20 juta,” kata Asyhari saat ditemui beritapantura.id di Jl. Kartini.

Disaat pandemi covid-19 tengah melanda, pekerjaan yang sudah dilakoninya sejak empat tahun tetap ia jalankan. Tak kalah penting dirinya juga mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di samping mengunakan masker juga sering membersihkan tangan dengan Hand Sanitizer.

Bersama rekan-rekan seprofesinya, Asyhari menyediakan pecahan rupiah kecil mulai dari Rp2 ribu hingga Rp20 ribu. Mereka menentukan selisih 10 persen dari uang yang ditukarkan. Misalnya menukarkan Rp100 ribu, maka akan mendapat Rp90 ribu dalam bentuk pecahan kecil.

“Kita cuma mengambil sepuluh persennya untuk mengganti jasa,” terangnya.

Walaupun begitu, layanan ini tetap dicari dan penggunanya juga tak sedikit. Salah satunya Fatimah Putri warga Desa Muloharjo, Kecamatan Jepara. Bersama suaminya, ia mengaku lebih memilih menggunakan jasa tersebut karena enggan mengantre di bank.

“Baru kali ini saya tukar uang, karena di bank harus antre dan takut kalau harus berkerumun,” ucapnya.

Kendati belum larangan jasa penukaran uang perorangan di Jepara, Plt. Kepala Satpol-PP dan Damkar Jepara, melalui Kasi Ops Supriyanto tetap mengimbau agar mereka tak mengganggu ketertiban. Selain itu penyedia jasa juga diminta waspada dengan adanya kejahatan jalanan. Pasalnya uang yang mereka bawa jumlahnya cukup besar dan bisa jadi sasaran. (BP/02) 

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan