Ombudsman Jateng Monitor Gugus Tugas Covid-19, Pastikan Logistik APD Tercukupi

banner 468x60

BERITAPANTURA.idSEMARANG – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah melaksanakan kegiatan monitoring guna memastikan ketersediaan logistik Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 di Gudang Pusat Gugus Tugas Covid-19, yaitu di Wisma Perdamaian Kota Semarang, tanggal 28 April 2020.

Pemantauan dipimpin langsung oleh Siti Farida, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah. (30/4/2020)

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah memonitor ketersediaan APD di Wisma Perdamaian Kota Semarang, (28/4/2020)

Dalam pemantauan tersebut Tim Ombudsman langsung berkoordinasi dengan sub bidang kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah, meski sebelumnya sudah dilakukan koordinasi terkait penyaluran logistik APD dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melalui video conference pada tanggal 13/02/2020 lalu.

Siti Farida menyampaikan “Kami perlu memastikan apakah terdapat hambatan dalam proses penyaluran, pun apabila sudah dilakukan penyaluran (APD), apakah sudah sesuai dengan Nota Dinas Ketua Pelaksana Gugus Tugas” terangnya.

Perlu diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menerbitkan Nota Dinas Nomor 050/2740/1.2 tanggal 17 April 2020 perihal permohonan rencana alokasi logistik Covid-19 di wilayah Jawa Tengah.

“Mekanisme pendistribusian APD di Provinsi Jawa Tengah dilakukan melalui dinas kesehatan pada masing-masing kabupaten/kota, sehingga memudahkan dalam melakukan kontrol dan perencanaan kebutuhan pada masing-masing kabupaten/kota melalui RSUD dan dinas terkait”, tambahnya.

Dari hasil pemantauan tersebut diketahui, pendistribusian logistik APD oleh gugus tugas telah disebarkan kepada seluruh dinas kesehatan di 35 (tiga puluh lima) Kabupaten/Kota, serta ke rumah sakit – rumah sakit rujukan utama seperti RSUP dr. Kariadi Semarang RSUD dr. Moewardi Surakarta, dan UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melalui kendaraan darat.

Ketersediaan stok APD yang belum didistribusikan juga menjadi salah satu poin penting dalam pantauan tersebut. Oleh petugas yang berjaga di Gudang Wisma Perdamaian, disampaikan bahwa ketersediaan stok APD saat ini dapat untuk mencukupi kebutuhan dalam seminggu kedepan.

“Hasil pantauan ini akan kami sampaikan ke instansi terkait untuk dilakukan monitoring, percepatan maupun perbaikan proses bila perlu, kami juga akan menyampaikan hasil ini ke Posko Pusat Covid-19 Ombudsman di Jakarta, yang selanjutnya untuk menjadi bahan laporan kepada Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat” tutup Siti Farida. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan