Terapkan Jaga Jarak, Arus Lalin Sekitar Pasar Bintoro Direkayasa

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, DEMAK – Pemandangan berbeda terlihat di depan Pasar Bintoro Demak setiap pagi mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB. Jalur utama tengah kota yang biasanya banyak lalu lalang kendaraan kini berubah menjadi tempat transaksi jual beli kebutuhan pokok antara penjual dan pembeli. Mereka adalah pedagang dan pembeli Pasar Bintoro yang sengaja ditempatkan di tengah jalan untuk menerapkan physical distancing.

Penempatan dan pengaturan jarak tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran dan penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak. Untuk memberikan ruang transaksi tersebut, setiap dini hari dilakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas di Demak Kota oleh Satlantas Polres Demak.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Menurut Agus selaku petugas satpol PP Kabupaten Demak mengungkapkan, ruas jalan yang digunakan untuk berdagang mulai dari perempatan Kodim 0716 hingga jembatan Kracaan.

“Mereka biasanya melakukan bongkar muat dagangan dan berjualan tidak teratur. Para pedagang tersebut berada di luar los pasar, baik yang ada di bawah maupun di atas,” ujar Agus saat memantau lokasi, Rabu (29/04/2020).

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak Endah Cahyarini mengatakan, pedagang pasar berjualan di jalan raya hanya sampai dengan pukul 06.00 WIB. Setelah itu, mereka diminta kembali masuk ke dalam Pasar Bintoro.

“Lapak dagangan yang digelar itu hanya bersifat sementara. Setelah pedagang masuk kembali ke pasar, lalu lintas pun dibuka kembali seperti biasa. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi berkala oleh pemkab,” katanya.

Terkait hal itu, Satlantas Polres Demak menyediakan kantong parkir bagi pengunjung, serta menyiapkan rekayasa lalu lintas. Untuk lokasi parkir bagi para pengunjung pasar telah disiapkan kantong parkir di jalur Pecinan, Jalan Pemuda, dan Sampangan.

Untuk rekayasa lalu lintas ke dalam kota Demak mulai di titik depan SMP N 1 Demak dan traffict light Jebor di tutup total. Kemudian jembatan Kracakan hingga jembatan Kalijajar juga ditutup, termasuk akses jalan menuju Jalan Pemuda, Kyai Singkil, dan Sampangan. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan