Semua Kades Pantau Kepulangan Pemudik, Bupati Haryanto : “Patuhi Aturan Pemerintah”

banner 468x60

BERITAPANTURA.idPATI – Mengantisispasi kepulangan para pemudik di wilayah Kabupaten Pati Jawa Tengah, Bupati Haryanto instruksikan seluruh kepala desa untuk memantaunya dengan seksama.

Hal ini mengingat, data perkembangan penyebaran covid-19 di bumi mina tani cenderung naik turun. “Tren data yang naik turun ini menjadi keprihatinan kita semua” ungkap Haryanto.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Bupati Pati Haryanto saat melakukan teleconference (Foto : Prokompim Pati)

Belum lagi apabila nantinya warga yang berada di perantauan memaksakan diri untuk mudik ke Pati. Dengan kejadian tersebut menjadikan warga juga khawatir, apalagi pemerintah sudah mengumumkan larangan mudik kampung.

” Semoga saja tidak semakin meningkat, tapi kami tetap menghimbau untuk tidak pulang dulu” katanya, Kamis (30/4/2020).

Dia menambahkan, data kasus positif covid-19 di Kabupaten Pati saat ini naik turun. Dimana beberapa hari yang lalu ada kabar baik dua warga sembuh. Namun dengan rentang waktu yang tidak begitu jauh ternyata ada dua warga yang dinyatakan positif juga.

Untuk itu ia menginstruksikan kepada camat, Kepala puskesmas dan jajarannya agar selalu memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu, kades dalam hal ini juga wajib memantau para pemudik. Setiap kali ada pemudik yang datang, langsung dilakukan pendataan dan disarankan untuk isolasi mandiri.

“Sehingga jumlahnya semula enam orang, sembuh dua kini kembali menjadi enam lagi,”imbuhnya.

Yang dibutuhkan, lanjutnya, saat ini adalah bersama sama gotong royong, apa yang menjadi kekurangan bisa benahi bersama. Mengingat, yang menjadi musuh saat ini tidak kelihatan.

Bupati mengimbau pada masyarakat agar tidak saling menjatuhkan atau mencari kesalahan yang lain. Baik dari perangkat pemerintah daerah, anggota dewan, tokoh masyarakat, aparat desa.

“Kunci keberhasilan memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini adalah kita harus tetap berpedoman pada protokol kesehatan, harus kita patuhi,” tegasnya. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan