Forkopimda Jepara Sepakat Status Darurat Covid-19 Dinaikkan

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Untuk mencegah meluasnya wabah virus korona di Kota Ukir, Forkopimda Kabupaten Jepara sepakat status siaga darurat Covid-19, dinaikkan menjadi tanggap darurat. Hal ini dilakukan menyusul terus bertambahnya korban jiwa akibat pandemi virus tersebut.

Kenaikan status bencana Covid-19 ke level tanggap darurat, disepakati Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sebuah rapat di ruang kerjanya, Selasa (21/04/2020). Keputusan itu hasil jajak pendapat bersama Kajari Jepara Saiful Bahri, Dandim 0719/Jepara Letkol Arm. Suharyanto, Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto, dan Ketua Pengadilan Negeri Jepara Buyung Dwikora.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan, kebijakan itu diambil setelah delapan pasien Covid-19 meninggal dunia. Satu korban berstatus positif virus korona, tujuh sisanya pasien dalam pengawasan (PDP). Dengan status tanggap darurat masyarakat diharapkan untuk tidak lengah dan selalu waspada.

“Diambilnya kebijakan itu mengingat pandemi virus korona sudah mengancam kehidupan warga Jepara,” kata Andi.

Andi meminta kepada semua pihak yang terlibat segera mengkaji situasi dan kebutuhan penanganan darurat. Selain itu, juga mengaktifkan sistem komando penanganan darurat dan penyusunan rencana operasi.

Upaya penanganan darurat selanjutnya, meliputi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, perlindungan kelompok rentan, dan pengendalian terhadap sumber ancaman bencana. Kemudian, penyelamatan dan evakuasi masyarakat korban, serta perbaikan fungsi prasarana dan sarana vital.

“Secara garis besar dalam rapat tersebut, menitikberatkan kepada konsentrasi terhadap cegah, tangkal, dan antisipasi perluasan penyebaran virus korona,” ujarnya.

Jelang berlakunya status ini, Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto berencana mendirikan dua posko terpadu tanggap Covid-19. Bekerjasama dengan lintas sektor, posko ini bakal ditempatkan di wilayah Kecamatan Mayong, dan pelabuhan penyeberangan Jepara.

Hingga berita ini diturunkan, surat keputusan pemberlakuan status tanggap darurat masih dalam proses penyempurnaan. Sebelumnya, status bencana Covid-19 Kabupaten Jepara adalah siaga bencana, sejak 16 Maret 2020. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan