Peduli Korona, Paguyuban Purna Bhakti Praja Jepara Berikan Bantuan APD dan Sembako

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, Paguyuban Purna Bhakti Praja Jepara membagikan puluhan alat pelindung diri (APD) jenis pakaian hazardous materials (hazmat) bagi tenaga medis. Bantuan ini diterima sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Jepara, Sabtu (11/04/20). Terlebih ketersediaan APD yang ada sangat terbatas jumlahnya.

Diketuai mantan Sekda Jepara Sholih, bantuan APD hazmat ini langsung didistribusikan ke RSUD R.A. Kartini Jepara, RS Graha Husada, Puskesmas Bangsri I, dan RSI Sultan Hadlirin Jepara. Jumlah seluruhnya ada sebanyak 36 buah. Untuk diketahui, APD hazmat adalah jenis pakaian yang dikenakan untuk melindungi tubuh dari bahan-bahan berbahaya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Paguyuban Purna Bhakti Praja Jepara saat membagikan paket sembako kepada tukang becak yang mangkal di terminal Jepara, Sabtu (11/04/2020).

Terkait sumber dana, dikatakan Sholih, dikumpulkan dari anggota paguyuban mantan pejabat Pemkab Jepara. Menurut dia, bantuan tersebut hanyalah kontribusi kecil dibanding pengorbanan yang diberikan petugas medis.

“Ini sebagai kepedulian saya dan rekan-rekan purna, mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa memancing para donatur yang lain untuk bisa meniru kegiatan ini,” kata Sholih mantan Sekda Jepara.

Selain bantuan APD hazmat, paguyuban ini juga membagikan bantuan sosial (bansos), kepada masyarakat yang terdampak ekonomi dari pandemi virus korona. Terdiri dari sembako dan masker penutup wajah yang telah terkemas, bansos ini berjumlah 300 paket.

Pada saat pendistribusian, Sholih dan anggotanya mendatangi langsung beberapa lokasi yang menjadi tempat mangkal tukang becak dan ojek. Selain itu, para penyapu jalan dan tukang parkir pun tak luput dari program peduli ini.

“Kita merasa mereka ini termasuk yang terdampak ekonomi,” kata dia.

Aksi ini tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan lagi ke depannya. Sholih juga menyampaikan, wabah dan krisis ini harus ditangkal dan ditanggulangi secara bersama-sama.

Salah seorang tukang becak Hamid yang menerima bantuan paket sembako mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur dan terbantu sekali. Bersama rekan seprofesinya yang mangkal di terminal Jepara, ia menyampaikan terima kasih.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari bapak-bapak dan ibu-ibu ini, semoga virus korona bisa segera berakhir,” ujar Hamid. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan