Virus Corona Bangkitkan Masyarakat Untuk Berjemur

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Berjemur di bawah teriknya sinar matahari tampaknya kembali jadi tren di tengah masyarakat akhir-akhir ini. Aktivitas tersebut dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebagian orang meyakini hal itu mampu mengurangi risiko terjangkit virus korona yang sedang mewabah.

Sejumlah anak-anak warga RT 01/RW 01, Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara salah satunya. Di bawah sinar matahari yang terik menjelang siang hari mereka tampak asik berolahraga. Memanfaatkan waktu luang belajar di rumah, para anak ini antusias menjaga kebugaran di tengah pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Anak-anak sedang bermain sambil berjemur di halaman rumah mereka, Sabtu (04/04/20)

Sebagai salah satu murid SMK Negeri 2 Jepara, Latif Imam Prayogo (17) mengaku rajin berolahraga karena kaya akan manfaatnya. Usai berolahraga, ia bersama temannya memilih berjemur. Mereka meyakini aktivitas tersebut dapat meningkatkan imunitas. “Rutin tiap hari, biar sehat. Kan seperti di media-media banyak yang ngelakuin seperti ini. Katanya bisa nyegah korona,” kata dia.

Anak-anak ini menganggap berjemur dapat mencegah terjangkit virus korona. Setelah selesai, anak-anak kembali ke rumah dan melakukan aktivitas belajar di rumah.

Kepala Dinkes Kabupaten Jepara, Mudrikatun mengungkapkan tren berjemur di bawah sinar matahari mampu membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh.

“Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf,” kata Mudrikatun.

Ia menganjurkan aktivitas berjemur cukup 15 menit, dan dilakukan di waktu yang tepat. Yakni antara pukul 08.00 sampai 10.00, dan pukul 15.00 hingga 16.00. Di samping itu, Ika tidak menganjurkan berjemur antara pukul 10.00 sampai 14.00.

“Yang paling baik untuk kesehatan adalah jam 7 sampai dengan 9 pagi. Setidaknya dua hingga tiga kali seminggu,” imbuhnya.

Berjemur juga menjadi aktivitas yang digemari bagi sejumlah ASN di lingkungan Pemkab Jepara. Sebelum memulai rutinitas mereka bekerja, para pegawai menyempatkan diri untuk berjemur sambil melakukan aktivitas fisik. Ada yang berpanasan sembari berjalan-jalan di halaman kantor, ada juga yang melakukan gerakan dasar senam. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan