Plt. Bupati Jepara Kembali Sidak Pencegahan COVID-19

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi kembali meninjau sejumlah fasilitas umum menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya preventif penyebaran virus corona (covid-19). Di antaranya sekolah dan pelabuhan penyeberangan ke Karimunjawa, pada Senin (16/3/2020). Didampingi Dandim 0719/Jepara Letkol Arm. Suharyanto, Kajari Jepara Saiful Bahri, dan Sekda Jepara Edi Sujatmiko, Andi juga meninjau beberapa perusahan padat karya.

Diawali dengan kunjungan ke SMP Negeri 6 Jepara, rombongan Forkopimda beserta pejabat teras Pemkab Jepara meninjau kondisi terkini sekolah. Selain memastikan telah diliburkannya kegiatan belajar mengajar di sekolah, untuk sementara waktu. Mereka sekaligus melihat aktivitas guru atau tenaga kependidikan. “Cukup baik, mereka sudah menyiapkan. Yang biasanya pembersihan hanya di pel, ini tadi termasuk meja-meja juga dibersihan. Harapannya semua sekolahan juga seperti itu,” kata Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Plt. Bupati Jepara, Dian Kristiandi, Ketika Melakukan Sidak Langsung ke Lapangan Terkait Antisipasi Kesiapan Perusahaan Dalam Penanganan Pencegahan Covid-19.

Selanjutnya menuju Pelabuhan Penyeberangan Jepara, untuk melihat kesiapan para medis dan petugas pelabuhan. Didapati petugas sedang melakukan pengecekan suhu badan bagi calon penumpang. Di samping menggunakan alat pendeteksi suhu (thermoscanner), disediakan juga cairan sanitasi tangan (hand sanitizer).

Ihwal masih dibukanya akses menuju Karimunjawa, Dikatakan Andi agar terjaganya keberlangsungan hajat warga di sana. Pihaknya khawatir jika dilakukan penutupan akan memicu keresahan di tengah kelumpuhan. “Tentunya dari sisi antisipasi sudah kami siapkan. Petugas kesehatan disiapkan untuk memeriksa penumpang setiap keberangkatan kapal. Jika terjadi indikasi maka akan dilakukan sesuai prosedur yang ada,” ujar dia.

Sebelum mengantre di loket, lewat pengeras suara mereka juga telah diimbau untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Pihak pelabuhan telah menempatkan sejumlah keran lengkap dengan sabun cair, di sebelah pintu masuk.

Dari pelabuhan penyeberangan, rombongan Plt. Bupati Jepara kemudian meninjau dua perusahaan swasta, PT Kanindo Makmur Jaya II dan PT Hwa Seung Indonesia. Di kedua tempat tersebut, masing-masing perwakilan perusahaan diminta agar menerapkan langkah antisipasi. Sekaligus menjalankan standar pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan kerja mereka. “Mereka sudah kita peringatkan agar lebih serius dalam mengantisipasi. Kita akan pantau terus tindak lanjutnya setelah ini,” tutur Andi.

Dengan tegas ia minta perusahaan lebih giat menyosialisasikan dan mengedukasi, tentang penyebab dan media penularan virus corona. Mengingat hampir setiap hari terdapat perekrutan karyawan baru, yang hampir setengahnya berasal dari luar Jepara. Selain itu, baik perusahaan maupun pekerja diimbau mengikuti prosedur kesehatan yang tengah disosialisasikan pemerintah. “Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan sejumlah fasilitas perlindungan, dan antisipasi penyebaran covid-19. Seperti thermoscanner hingga sarana cuci tangan lengkap,” imbau Dian Kristiandi.

Kembali ia mengimbau, agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan tidak panik menghadapi virus tersebut. Usahakan tetap waspada, dan terus menjaga pola hidup bersih dan sehat. (BP/03)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan