Nelayan Alami Musim Paceklik, Pemkab Berikan Bantuan Beras

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Harapan nelayan Jepara kembali melaut dan mendapatkan ikan usai cuaca buruk reda, tampaknya belum dapat terwujud dalam waktu dekat ini. Pasalnya, mereka kini tengah dihadapkan pada musim bulan terang. Di mana berdampak pada hasil tangkapan yang tidak memuaskan. Alhasil, asa mengakhiri masa paceklik harus kembali mereka tanggalkan.

Untuk meringankan beban ekonomi para keluarga nelayan, Pemkab Jepara memberikan bantuan berupa beras paceklik. Penyerahan bantuan diserahkan langsung Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi, kepada Ketua DPC-HNSI Kabupaten Jepara Sudiyatno, di KUD Eko Karyo Mino, Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara, Rabu (11/3/2020).

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Plt. Bupati Jepara, Dian Kristiandi, Menyerahkan Secara Langsung Bantuan Beras Nelayan Kabupaten Jepara Tahun 2020.

Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud empati dan kepedulian pemerintah. Andi menegaskan bantuan ini bukanlah yang terpenting. Namun, ia berdoa agar selepas dari musim ini para nelayan mendapat hasil yang maksimal serta melimpah. “Mudah-mudahan dapat diterima dan dimanfaatkan, tapi jangan dilihat dari jumlahnya. Semoga musim ikan secepatnya datang, dan hasilnya melimpah ruah,” ujar dia.

Pihaknya mencatat, jumlah nelayan yang saat ini mengalami masa paceklik sebanyak 11,7 ribu orang. Sedangkan total bantuan beras yang disalurkan, baik dari pemerintah maupun dari Tanjung Jati Grup hanya 31 ton. Sedangkan setiap nelayan nantinya akan mendapatkan masing-masing 5 kilogram, seperti tahun-tahun sebelumnya. Sehingga masih ada kekurangan 27 ton lebih.

Untuk itu, dirinya berharap kepada Tanjung Jati Raya yang terdapat 30 perusahaan di dalamnya, dapat lebih memberikan bantuan dengan jumlah banyak. Pihaknya akan menunggu jawaban, sehingga para nelayan terdampak paceklik mendapat jumlah bantuan yang sama. “Mereka sama-sama memanfaatkan di sekitar perairan tentu erat hubungannya dengan yang ada di pesisir pantai. Harapan kami,” kata Plt. Bupati Jepara.

Setelah tercukupi, seluruh bantuan baik yang telah diserahkan kepada HNSI dan tambahan, akan didistribusikan bersama-sama pada akhir Maret ini. Sementara itu,  Eko Wilman salah satu nelayan mengatakan bantuan beras paceklik sangat bermanfaat. “Terima kasih sangat terbantu. Karena ketika kapal tidak berlayar atau lagi tidak musim ikan, maka tidak ada pemasukan,” tutur dia. (BP/03)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan