Atraksi Budaya Kesenian Tradisional Tampil di Spectaxcular 2020

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Pembukaan Spectaxcular 2020 yang digelar di Alun-alun Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, dalam rangka agenda tahunan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara, Sabtu (7/3/2020) berlangsung meriah. Sejumlah pementasan atraksi budaya mampu memukau ratusan warga dan wisatawan.

Selain hiburan musik dari grub Punakawan, Spectaxculer 2020 menyajikan kesenian tradisional seperti Tari Sembah Pambuko, dan Sri Panganti. Tari khas pesisiran tersebut dibawakan seniman dari sanggar Danang Djoyo Karimunjawa. Tah hanya itu, salah satu kesenian ikon Jepara, yakni kentrung, yang dibawakan grup Ken Palman juga disuguhkan.
Spectaxcular ini merupakan kegiatan serentak secara nasional setiap tahunnya.  Tujuannya untuk mengajak masyarakat wajib pajak (WP) agar melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) secara elektronik (e-filing).

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Salah satu tarian tradisional yang dibawakan sanggar Danang Djoyo Karimunjawa saat pembukaan Spectaxcular 2020 yang digelar di Alun-alun Kecamatan Karimunjawa, Sabtu (7/3/2020)


Berkesempatan hadir, Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi mengingatkan bahwa melaporkan SPT WP bukanlah hal yang sulit. Kepatuhan WP dapat memperluas kesadaran mereka dalam menyelesaikan kewajiban perpajakan. Sehingga pembangunan bisa lebih merata dirasakan oleh masyarakat. “Mari, yang sudah mempunyai kewajiban perpajakan kita dukung bersama-sama, bayar tepat waktu dan pelaporannya,” ujar Andi.

Uang pajak yang telah dibayarkan wajib pajak, disalurkan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Mulai dari untuk pembayaran belanja pegawai, pemerataan pendidikan, pembangunan sarana umum, seperti jalan, jembatan, hingga rumah sakit. 

Sementara itu menurut Kepala KPP Pratama Jepara Endaryono mengungkapkan dalam hal pentingnya WP dalam melaporkan SPT pajaknya. Mengingat akhir Maret merupakan tenggat waktu pelaporan SPT pajak.

“Kami mau me-reminder ke seluruh masyarakat terutama WP yang ada di Jepara, supaya menyampaikan kewajiban perpajakannya,” kata Endar.

Batas waktu penyampaian SPT pajak orang pribadi tahun pajak 2019, paling lambat 31 Maret 2020. Untuk SPT pajak badan paling akhir pada 30 April 2020.

“Lapor SPT tidak perlu ke kantor pajak. Tapi bisa lapor di mana saja. Baik saat di rumah maupun sedang di kantor atau lainnya,” imbuhnya.

Saat ditanya persentase WP yang sudah melaporkan SPT pajak 2019,  Endar menjawab telah mencapai 89 persen dari target 90 persen. Lalu untuk capaian pajak di tahun yang sama, sebesar Rp845 miliar. Lebih tinggi 102,45 persen dari target Rp830 miliar. Sedangkan untuk tahun ini, target capaian pajak KPP Pratama Jepara dinaikkan menjadi Rp1 triliun lebih. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan