Beresiko Banjir, KKN UNISNU Terapkan Sumur Resapan di Desa Kedungdowo

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, KUDUS – Musim hujan bagi masyarakat sekitar Kecamatan Kaliwungu Kudus Jawa Tengah, masih menjadi momok tersendiri bilamana intensitas hujan terjadi cukup tinggi. Apalagi saat ini di beberapa desa, diantaranya Desa Setrokalangan, Banget dan sekitarnya sedang terjadi banjir akibat meluapnya beberapa aliran sungai.

Untuk itu tim KKN UNISNU Jepara menggelar program sumur resapan dan penghijauan sebagai salah satu langkah mengurangi risiko bencana banjir. Kegiatan ini merupakan realisasi dari program kerja kelompok mahasiswa KKN yang dilaksanakan pada Minggu (23/2/2020) bertempat di Lapangan Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu Kudus.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Sejumlah mahasiswa KKN UNISNU dibantu petugas, memasang sumur resapan untuk mengurangi banjir di Desa Kedungdowo Kaliwungu Kudus (23/2/2020)

Program sumur resapan dan penghijauan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir di Desa Kedungdowo, karena wilayah Desa Kedungdowo juga menjadi salah satu wilayah yang rawan banjir.

Sumur resapan ini selain mencegah atau pengendali banjir, juga sebagai tempat penampungan air hujan untuk disalurkan ke dalam tanah. Hal ini dilakukan untuk dapat menampung air hujan sehingga dapat menyimpan cadangan air ketika musim kemarau. Karena di Desa Kedungdowo sendiri disaat musim kemarau juga rawan mengalami kekeringan.

Sehingga dengan adanya sumur resapan ini, diharapkan bisa sebagai cadangan air tanah saat musim kemarau mendatang.

Untuk penghijauan sendiri, mahasiswa KKN bersama dengan masyarakat Desa Kedungdowo menanam sejumlah bibit pohon. Harapan dari kegiatan penghijauan selain mencegah banjir juga menjadi penambah oksigen.

Karena wilayah Desa Kedungdowo dekat dengan wilayah Kota Kudus, sehingga dengan ini wilayah Desa Kedungdowo dapat kembali sejuk.

Ummi rohanah selaku Kepala Desa Kedungdowo, “Program ini sangat bagus untuk mengedukasi masyarakat Desa Kedungdowo, karena dengan adanya program sumur resapan dan penghijauan ini banjir dapat dicegah dan masyarakat bisa meniru untuk menerapkan kegiatan ini”, terangnya.

Selain itu dari kegiatan ini juga mahasiswa KKN berharap kepada pemerintah Desa Kedungdowo dapat dijadikan sebagai materi dan contoh untuk mengajak masyarakat peduli dengan lingkungan. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan