Bang Togar, Legenda Penyiar Radio Di Jepara

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Puryono, S.Pd atau yang lebih dikenal dengan Bang Togar, telah menjadi legenda hidup penyiar radio di Jepara. Padahal, ia bukanlah pelopor penyapa pendengar lewat gelombang frekuensi udara. Pria kelahiran Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, 25 Juli 1966 ini konsisten berkarya sejak tahun 1987 hingga sekarang.

Salah satu program siarnya yang sempat fenomenal adalah “Kedai Musik” pada tahun 90-an. Sebuah acara hiburan dangdut dan kritik atas kondisi sosial politik, program ini begitu melekat di hati pendengar kala itu. Menggemban misi mengedukasi dan informatif, nama udara Bang Togar mendapatkan tempat luar biasa dari pecintanya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Bang Togar Ketika Memandu Acara Musik Di Salah Satu Radio Di Jepara.

Kekhasan karakter vokal, komunikatif dalam pembawaan, serta kreatif pada setiap program itulah yang melejitkan Bang Togar. Saat ini, ia bahkan menjadi penyiar sekaligus programer yang sangat produktif untuk LPPL Radio Kartini Fm Jepara.

Mewarisi darah seni tradisional dari sang ayah, dirinya tak pernah kehabisan ide dalam menjaga kesenian, tradisi dan budaya lewat gelombang radio. Dari kecintaannya terhadap seni dan radio itulah, stasiun radio berpelat merah ini rutin menghadirkan program kebudayaan daerah, di ruang dengar masyarakat. Di antaranya “Othak-athik Mathuk”, “Siaran Wayang Kulit”, hingga “Nguri-uri Endahing Budaya Tayub (Ngeyub)”. Sejak awal program ini hadir, terbukti menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu.

Kendati jarang ada penghargaan bagi insan radio yang terselenggara, tapi kakek dua cucu yang juga seorang ASN ini, tercatat pernah menorehkan prestasinya di bidang radio. Di antaranya apresiasi terbaik kategori obrolan dari Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang, sekitar tahun 90-an. Teranyar, pada 17 Maret 2019 kemarin, ia berhasil menghantarkan LPPL Radio Kartini Fm Jepara menjadi juara I kategori iklan layanan masyarakat (ILM) radio terbaik, dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah. (BP/03)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan