Plt. Bupati Kudus Imbau Kades Fokus Potensi Desa

banner 468x60

BERITAPANTURA.idKUDUS – Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo mengimbau agar kepala desa fokus mengembangkan potensi desa. Hal tersebut dikemukakan saat menghadiri kegiatan Orientasi Kepala Desa yang berlangsung di lantai IV Gedung Setda, Jum’at (31/1).

Pihaknya mengimbau agar tidak ada intervensi politik sehingga kepala desa fokus membangun desa agar supaya peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa terlaksana dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Begitu pula ketika memilih paguyuban, H.M. Hartopo menginstruksikan agar kepala desa memilih pemimpin yang amanah dan peduli terhadap masyarakat, bukan yang sama dalam hal politik.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo Ketika Memberikan Sambutan Dalam Kegiatan Orientasi Kepala Desa, Hari Jumat (31/01).

“Yang penting kerja nyata, jangan hanya pencitraan tapi hasilnya nggak ada. Saya berdoa kepala desa yang ada di sini mampu bekerja sesuai aturan hingga akhir,” harapnya.

Setelah dilantik, kepala desa terpilih diharapkan dapat langsung bekerja membangun desa. H.M. Hartopo mengingatkan, agar dana desa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi.

“Setelah orientasi, diharapkan kepala desa langsung fokus bekerja dan sesuai aturan. Jangan sampai di tengah-tengah memimpin malah terjadi kekeliruan karena belum paham aturan. Jenengan semua harus taat administrasi dan pengelolaan keuangan,” ucapnya.

Selanjutnya, penyusunan RPJMDes harus sinkron dengan RPJMD. Pasalnya, pemerintah desa merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah kabupaten. Visi misi juga harus sejalan dengan visi misi kabupaten. Beberapa permasalahan seperti penuntasan kemiskinan, stunting, maupun sampah disebut H.M. Hartopo masih menjadi fokus pemerintah untuk bisa diatasi di tingkat desa. Pihaknya mengimbau agar pemdes dapat berkoodinasi, berkonsultasi, meminta saran, atau berdiskusi dengan camat.

“Tolong agar penyusunan RPJMDes disinkronkan dengan RPJMD milik pemerintah kabupaten. Pun juga harus berkoordinasi dengan camat. Jangan ada kerajaan sendiri di suatu wilayah, harus koordinasi dengan pemerintah di atasnya,” ujarnya. (BP/03)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan