Pasien Kusta di RS Kusta Donorojo Jepara Capai 1.715 Jiwa

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Selama tahun 2019 Rumah Sakit Kusta Donorojo Kabupaten Jepara, Jawa Tengah merawat 1.715 pasien kusta. Jumlah tersebut menurun jika dibanding tahun sebelumnya, yaitu 2.318 jiwa.

Menurut Arif Purwanto selaku Kepala Seksi Pelayanan dan Perawatan Khusus RS Kusta Donorojo, menyampaikan saat ini ada dua jenis pasien kusta yang ditangani. Yakni pasien rawat jalan, rawat inap, dan rawat inap fisioterapi. Untuk tahun lalu, pasien rawat inap sebanyak 345 pasien. Sedangkan pasien rawat inap fisioterapi sebanyak 525.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun, menengok pasien kusta di Rumas Sakit Kusta Donorojo, Senin (27/01/2020).

“Rumah sakit ini kan rujukan kusta di Jawa Tengah, pasiennya tidak hanya warga Jepara saja, namun dari seluruh wilayah Jawa Tengah,” ucap Arif.

Saat ini ada dua jenis pasien kusta yang ditangani, yaitu kusta kering dan kusta basah. Untuk pasien kusta kering waktu perawatan selama enam bulan hingga sembilan bulan. Sementara untuk pasien kusta basah waktu perawatan lebih lama, yaitu enam bulan hingga 18 bulan.

“Sebelum pulang, nanti pasien juga diberi bekal keterampilan seperti bertani, peternakan, menjahit, dan pertukangan. Ini bertujuan supaya pasien kembali ke ke masyarakat memiliki keterampilan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun, mengatakan jumlah warga Jepara yang menderita Kusta kering pada tahun 2019 sebanyak tiga jiwa. Pasien tersebut sudah menerima perawatan selama enam bulan dan sudah pulih.

“Tahun 2019 untuk kusta basah di Jepara ada 92 jiwa. Rinciannya 57 laki-laki dan 35 perempuan. Dari jumlah tersebut sebanyak 87 jiwa pengobatan dan 5 jiwa gagal pengobatan (meninggal),” kata Mundrikatun.

Untuk menekan angka penderita kusta, Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara giat mencari penderita kusta berbasis Puskesmas. Serta penemuan penderita kusta berbasis pemberdayaan keluarga di setiap masing-masing puskesmas. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan