DPR RI Desak Pemda Demak Siapkan Dana Alokasi Khusus Bencana

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, DEMAK – Komisi 11 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendesak Pemda Demak mengalokasikan dana khusus bencana. Dana yang dialokasikan tersebut bertujuan untuk meminimalisir korban serta mempercepat penanganan jika terjadi bencana.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi 11 Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Fathan Subkhi saat mendatangi desa Trimulyo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Minggu siang (26/01/2020).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Sebagai wakil dari masyarakat Demak, Fathan yang merupakan anggota DPR RI dari PKB tersebut mendorong pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Demak untuk mengalokasikan dana khusus bencana yang selalu terjadi di kabupaten demak ini.

Fathan menyampaikan, dari bencana yang terjadi beberapa waktu lalu, pemerintah daerah seharusnya sadar akan bencana yang terjadi, karena ini merupakan siklus tahunan.

“Alokasi dana khusus bencana harus disiapkan sebelum terjadinya bencana untuk mengurangi dampak dari bencana itu sendiri,” kata Fathan.

Bencana banjir yang diakibatkan dari jebolnya tanggul sungai Tuntang yang terjadi pada awal tahun 2020 mengakibatkan ratusan rumah terendam. Lebih dari 4000 warga mengungsi dan lebih dari 400 hektar areal pertanian gagal panen. Kerugian akibat bencana tersebut ditaksir lebih dari 3 Milyar. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan