KKN UNISNU Galakkan Bakti Desa, Sasar Lingkungan Kampus Tahunan

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA –  Salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat yang saat ini diemban oleh Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, ratusan mahasiswa peserta KKN bersihkan lingkungan sekitar Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Jepara lewat program Bakti Desa.

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNISNU Jepara yang rencananya akan diterjunkan pada 21 Januari mendatang ini, mengawali kegiatan pra penerjunan dengan membersihkan lingkungan desa di ring satu kampus UNISNU tersebut. Ada sekitar 500-an peserta yang datang untuk membantu kerja bakti dengan didampingi unsur panitia serta perangkat desa setempat pada Minggu (12/1/2020) pagi.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Program Bakti Desa KKN UNISNU Jepara yang dilaksanakan di Balai Desa Tahunan pada Minggu (12/1/2020)

Menurut ketua Panitia Pelaksana KKN periode 1 ini, Hudi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin sebelum peserta KKN diterjunkan ke desa-desa. “Kami saat ini menyasar wilayah di ring satu sekitar kampus UNISNU, mungkin Desa Tahunan yang paling dekat dulu. Semoga berikutnya, bisa bergantian ke desa sebelah semisal Senenan, Pekalongan dsb” imbuhnya.

Sementara itu, beberapa lokasi yang menjadi target kerja bakti diantaranya adalah Perpustakaan Desa (Perpusdes), Kantor BUMDes, Kantor Puskesmas Pembantu dan Gedung Olahraga Desa yang ada disebelah lapangan sepak bola Tahunan.

Menurut Petinggi Desa Tahunan, Muhadi sangat mengapresiasi baik langkah ini. Apalagi setelah ia menjabat sebagai Petinggi baru, tentunya ada beberapa program prioritas yang akan dikebutnya. “BUMDes kami juga telah mendapat petunjuk dari Pemkab, untuk bekerjasama dengan Sekolah BUMDes UNISNU. Dan Alhamdulillah, beberapa hari kedepan kami sudah bisa menempati dan mengoperasikannta setelah hari ini dibersihkan oleh mahasiswa” terangnya.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahunan yang bernama “Makmur Bersama” ini telah vakum beberapa saat, unit usaha yang bergerak dalam sektor perdagangan, jasa dan simpan pinjam yang beberapa waktu lalu masih berkantor di bekas gedung Kelas Pembangunan (KP) milik desa. Dan saat ini bersiap untuk menempati lokasi baru yang telah di bersihkan.

Secara terpisah, Ketua BUMDes Khamdi mengatakan, “Untuk saat ini kami baru persiapan launching, sambil menyiapkan material yang akan kami jual nanti. Juga sambil belajar manajemen operasionalnya dengan Sekolah BUMDes di UNISNU”. imbuhnya.

Harapannya BUMDes Tahunan bisa mengembangkan beberapa potensi lokal yang bernilai ekonomis, apalagi letaknya yang strategis di jalur utama Jepara. Masyarakat juga bisa menggerakkan roda perekonomian yang dikelolanya lewat BUMDes, agar bisa lebih memotivasi masyarakat untuk berwirausaha. (BP/01).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan