Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah Diterjang Banjir Bandang

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, PATI – Intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Pati mengakibatkan sejumlah desa di wilayah Kecamatan Margoyoso diterjang banjir bandang. Banjir tersebut diakibatkan jebolnya tanggul setinggi 5 meter di desa Tunjungrejo. Akibat luapan banjir bandang tersebut setidaknya ratusan rumah di tiga desa terendam air beberapa jam.

Adapun 3 desa itu yang diterjang banjir adalah desa Tnjungrejo, desa Cbolek dan desa Sekarjalak. Hal itu terjadi setelah tanggul anak sungai dari pegununugan muria yang berada di desa Tunjungrejo jebol.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Seorang warga membersihkan lumpur setelah rumahnya diterjang banjir bandang, Minggu (05/01/2020).

Warga yang rumahnya di sekitar tanggul tersebut panik dan berusaha menyelamatkan diri. Banjir bandang tersebut masuk kedalam rumah warga dan membawa lumpur setinggi 30 cm dan menutup akses jalan desa. Selain itu, satu tembok rumah milik warga juga jebol akibat tak kuat menahan derasnya air yang masuk ke rumah.

Air mulai berangsur surut setelah 1 jam lebih menerjang perumahan. Warga yang rumahnya tekena banjir bandang langsung membersihkan lumpur yang terbawa arus. Sebelum jebol, warga juga sempat melihat adanya kebocoran di tanggul sungai yang akhirnya tak kuat menahan debit air.

Jajaran Kepolisian Polres Pati yang dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Sugino langsung memerintahkan anggotanya datang ke lokasi untuk membantu warga melakukan penambalan tanggul sungai.

“Jika tidak dilakukan penambalan dikhawatirkan akan ada banjir susulan, mengingat di kawasan pegunungan muria saat ini masih diguyur hujan,” terang Sugino.

Warga yang rumahnya terkena terjangan banjir bandang segera membersihkan lumpur dan merapikan barang-barang berharga lainnya setelah air surut. Mereka juga merasa khawatir dengan sejumlah barang berharga miliknya rusak dan hilang terbawa arus. Selain itu bantuan air bersih dan obat-obatan sangat dibutuhkan pasca banjir. (BP/02)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan