Polres Pati Siaga Bencana, Gelar Pasukan dan Peralatan

banner 468x60

BERITAPANTURA.idPATI – Jajaran Polres Pati Jawa Tengah menyiagakan pasukan untuk membantu penanganan bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Pati. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan, banyak wilayah di Pati masuk dalam kategori rawan banjir serta tanah longsor.

Bertempat dihalaman Mapolres, berbagai peralatan seperti perahu karet, gergaji mesin, dan alat penanggulangan bencana lainnya pun disiapkan. Bahkan Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun secara langsung melakulan pengecekan kelayakan peralatan tersebut saat apel.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun saat pengecekan peralatan di halaman Mapolres pada Jumat (3/1/2020)

Sejumlah anggota kepolisian pun juga disiagakan untuk membantu pencegahan bencana. Mengingat, sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati juga sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk bersama membantu mengantisipasi terjadinya bencana.

AKBP Bambang Yudhantara Salamun dalam keterangannya bersama awak media menyampaikan, bahwa dalam menangani bencana alam perlu adanya kerja sama dari semua pihak. Dan dalam penanganan bencana alam harus dilakukan dengan prinsip dan cara yang tepat, sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

“Saat ini kami akan menyiagakan puluhan personel jajaran Polres Pati bersama instansi terkait. Anggota juga akan kami lengkapi peralatan SAR,” katanya saat Apel Gelar Peralatan Siaga Bencana di Halaman Mapolres Pati, Jumat (3/1/2020).

Turut mendampingi apel, Kasat Sabhara Polres Pati AKP Sugino menambahkan, pengecekan peralatan SAR sebagi bagian dari kesiapan Polres Pati dalam penanggulangan bencana. Alat tersebut dilakukan pemeriksaan, agar siap waktu digunakan saat terjadi bencana alam.

“Perahu karet dan pelampung disiapkan apabila terjadi bencana alam berupa banjir. Selain itu alat khusus seperti gergaji mesin dapat digunakan untuk mengevakuasi pohon tumbang,” ujarnya.

Dengan kesiapan alat dan personel diharapkan mampu mendukung kecepatan dalam penanggulangan bencana. Sehingga mampu memberikan bantuan dan penanganan yang maksimal jika terjadi bencana alam.

“Apabila sewaktu waktu terjadi bencana alam, semua alat kelengkapan sudah kami cek dan siap digunakan. Tetapi, kami harap semoga tidak ada bencana,” pungkasnya. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan