Perajin Ukir Jepara Banjir Order Jelang Natal

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Jelang perayaan natal sejumlah perajin ukiran relief di Jepara Jawa Tengah sibuk menyelesaikan pesanan ukiran jamuan kudus terakir dan patung yesus. Meski pemesanya masih dalam negeri, pada perayaan natal tahun ini pesanan meningkat 50% dibandingkan tahun kemarin.

Seperti yang terlihat di bengkel ukir milik Mohammad David warga Desa Kecapi Tahunan Jepara ini, para pekerja masih sibuk menyelesaikan ukiran jamuan terakir dan patung Yesus sepanjang 3 meter pesanan dari daerah Papua.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Para Perajin sedanag melakukan tahap finishing patung Yesus

Menurutnya jelang perayaan Natal tahun ini, pesanan ukiran Yesus ini meningkat hingga lima puluh persen di bandingkan dengan tahun lalu sejak 6 bulan terakhi ini. Tahun ini dirinya mampu membuat hingga 35 ukiran relief jamuan Yesus dibandingakan tahun lalu yang hanya mampu membuat 17 ukiran saja.

Untuk saat ini yang paling banyak di pesan adalah ukiran relief perjamuan terakhir yesus yang ukuran sedang untuk hiasan dinding. Biasanya pemesan datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Maluku, Kalimantan, Sulawesi, Ambon serta Papua.

Untuk kisaran harga tergantung dari ukuran relief patung, untuk ukuran yang terkecil dari harga 2 juta rupiah hingga yang terbesar 25 juta rupiah.

Selain ukiran perjamuan Yesus dirinya juga masih sibuk mengerjakan pembuatan patung Yesus setinggi 3 meter, lengkap dengan salipnya.

Pesanan ini berasal dari salah satu gereja di Ambon, untuk membuat ukiran dan patung Yesus ini dirinya menggunakan kayu jati kualitas terbaik. Karena dengan bahan kayu jati tersebut ukiran akan tahan lama dan kuat, apalagi untuk acara sakral keagamaan harus berkualitas unggul.

Untuk memenuhi semua pesanan ukiran maupun patung Yesus, pada saat jelang Natal seperti ini dirinya harus menambah tenaga ukir.

Disininlah letak kesulitanya dalam pembuatan ukiran relief, karena tidak semua orang bisa mengukir relief padahal tenanganya terbatas. Karena untuk menyelesaikan satu ukiran relief ukuran 50 cm x 200 cm memerlukan waktu kurang lebih satu bulan.

Sedangkan untuk patung Yesus tergantung besar dan panjang pesanan patung dari klien, jadi kami harus siap saat menerima job tersebut dengan perhitungan yang matang. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan