Bentuk Karakter Kepribadian Pelajar dan Cinta Tanah Air Melalui Festival Teater Pelajar

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, KUDUS – Puluhan siswa siswi dari berbagai daerah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengikuti Festival Teater Pelajar 2019. Festival teater pelajar tersebut diselenggarakan guna membentuk karakter kepribadian yang baik bagi para pelajar dengan tema “Patriotisme”. Seni teater ini menjadi langkah kecil untuk memupuk cinta tanah air pelajar melalui kesenian dan budaya bangsa Indonesia.

Peserta Festival Teater Pelajar 2019 saat pentas di kawasan Gor Djarum Kaliputu Kudus, Minggu (15/12/2019).

Puluhan siswa siswi dari berbagai sekolah di Kabupaten Kudus mengikuti Festival Teater Pelajar atau FTP 2019 yang berlangsung di kawasan Gor Djarum Kaliputu Kudus. Festival yang diselengarakan ke-12 kalinya tersebut merupakan hasil keseriusan penyelenggara dalam menjaga keberlangsungan dan kelestarian budaya tanah air.

Tahun ini festival teater pelajar diikuti sebanyak 25 peserta dari beberapa SMP, MTS, SMA dan SMK di kabupaten kudus yang telah diseleksi secara roadshow sebelumnya. Dengan tema “Patriotisme” melalui seni teater ini menjadi langkah kecil untuk memupuk cinta tanah air pelajar melalui kesenian dan budaya bangsa indonesia.

Untuk menyempurnakan penampilan di panggung para peserta telah melakukan berbagai persiapan seperti latihan rutin selama berbulan bulan. Penampilan para pemain yang serius di atas panggung dapat menghipnotis penonton terbawa suasana sedih hingga suasana ceria yang mempunyai pesan moral tersendiri.

Menurut panitia festival teater pelajar Adi Pardiyanto mengungkapkan, tidak hanya dihadiri oleh kalangan siswa dari sekolah yang ikut dalam festival, banyak juga masyarakat umum yang juga ikut menonton secara gratis.

“Acara ini sendiri dimaksudkan untuk mengembangkan bakat para pelajar yang ada di Kabupaten Kudus dalam hal seni teater. Selain itu seni teater juga bermanfaat unuk pembentukan kepribadian yang lebih baik untuk para pelajar,” kata Adi.

Dari serangkaian panjangnya festifal teater pelajar yang di gelar di Kudus kali ini adalah, Teater Bobot dari SMP 1 Kudus dan Teater Patas SMA 1 Bae Kudus menjadi terbaik dalam FTP 2019 kali ini.

Kegiatan festival teater pelajar ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Dinas Dikpora Kabupaten Kudus setiap tahunya bekerja sama dengan lembaga teater yang ada. “Diharapkan dengan adanya festival teater pelajar ini dapat menjadi wadah bagi pembentukan karakter para pelajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik,” pungkasnya. (BP/02).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan