Ratusan Pramuka Cilik Ikuti Pesta Siaga

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Bertempat di Bumi Pekemahan Pakis Adhi Jepara, Jawa Tengah ratusan Pramuka cilik mengikuti Pesta Siaga Kabupaten Jepara Tahun 2020, Kamis (12/12/2019). Pesta Siaga kali ini sengaja dilaksanakan lebih awal, mengingat bulan Januari, sudah memasuki musim penghujan, sehingga dilaksanakan pada akhir tahun.

Bunda Siaga Jepara Ny. Hesty Nugroho saat memberikan bunga sebagai tanda kasih kepada pramuka cilik di Bumi Pekemahan Pakis Adhi.

Upacara pesta siaga ini dipimpin oleh Bunda Siaga Kabupaten Jepara Ny. Hesty Nugroho. Hadir pula Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jepara Suliyono, Ka Mabiran dan Ka Kwaran se Kwarcab Jepara.

Di hadapan para peserta, Bunda Siaga Jepara Ny. Hesty Nugroho menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah berupaya menyelenggarakan Pesta Siaga lebih awal. Butuh kerja keras dan dukungan semua pihak, agar kegiatan ini bisa terselenggara sesuai harapan.

“Ini menjadi wahana bertemunya anak-anak Siaga se-Kabupaten Jepara, berikan ruang yang cukup agar mereka berkreasi megembangkan bakatnya,” kata Hesty.

Kegiatan ini sangat dibutuhkan para peserta, selain menambah pengalaman mereka juga akan sangat bermanfaat untuk menunjang kehidupan mereka di masa yang akan datang.

“Pramuka akan membentuk karakter mereka yang kuat, tangguh dan disiplin,” kata Hesty.

Sesuai dengan tema kali ini, Ceria, Mandiri dan Berprestasi, para peserta harus melaksanakan tugas dengan suka cita, tanpa adanya tekanan dan paksaan untuk meraih sebuah prestasi.

“Menang dan kalah adalah hal yang biasa, jadi kalian tidak usah takut. Yang terpenting adalah kalian sudah melakukan hal terbaik,” imbuhnya.

Ketua Panitia Pesta Siaga Sudarsono mengatakan kegiatan ini diikuti sekitar 850 peserta putra dan putri dari 15 kwaran di Jepara, keculai Karimunjawa. Ada Sembilan taman yang dilombakan, antara lain taman ketakwaan, tolernasi, scouting Skill (ketrampilan), lomba baris berbaris, temali dan kompas. “Juga ada bumbung kemanusiaan, yang akan disi seluruh peserta untuk kegiatan sosial,” katanya.

Bagi peserta tergiat dalam pesta Siaga, akan mewakili Kwarcab Jepara maju ke tingkat Binaan Wilayah (Binwil) Pati yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kudus pada bulan April 2020. (BP/02).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan