Pusat Kajian Ratu Kalinyamat di Bentuk, YDBL Gandeng UNISNU

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Ratu Kalinyamat memang telah lama diusulkan untuk menjadi pahlawan Nasional. Alasannya tak lain, karena beliau merupakan salah satu tokoh perempuan Jepara yang banyak berkontribusi di masa lalu, utamanya dalam mempertahankan nusantara dari penjajahan portugis.

Juga terhadap embrio kebangsaan Indonesia dalam konteks kekinian, untuk itu perlu mengefektifkan segala bentuk kajian atas fungsi dan makna ketokohan dan nilai-nilai kejuangan Ratu Kalinyamat, yang berkuasa di Kerajaan Jepara pada 1549 – 1579.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Untuk menindaklanjuti usulan tersebut, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, selaku pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari YDBL), akan menggandeng kalangan akademisi guna memperkokoh literasi akademik serta menguatkan tabir perjuangan salah satu putri Sultan Kerajaan Demak tersebut.

Lestari Moerdijat saat mengunjungi Masjid Astana Sultan Hadlirin Mantingan Jepara beberapa waktu lalu, (Foto : Istimewa)

Mbak Rerie atau panggilan akrab Lestari Moerdijat, direncanakan hadir di kampus Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara pada Sabtu (7/12/2019) mendatang dengan kapasistasnya sebagai Wakil MPR RI Periode 2019-2024.

Selain akan digelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai Pusat Kajian Studi Ratu Kalinyamat, kehadirannya juga dinanti untuk turut serta mengisi kuliah umum Empat Konsensus Kebangsaan.

Agenda tersebut tepatnya akan dilaksanakan di Gedung Rektorat UNISNU Jepara dan Ballroom Gd. UPT Perpustakaan. Direncanakan hadir juga, diantaranya para pakar sejarah yang telah banyak mengupas sejarah Ratu Kalinyamat antaranya Dr. Alamsyah, Hadi Priyanto, Ketua Tim Pakar Ratu Kalinyamat YDBL Prof DR Ratno Lukito. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan