136 Petinggi Baru Jepara, Hari Ini Dilantik di Benteng Portugis

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Pelantikan kepala desa atau petinggi terpilih hasil pemilihan Petinggi 2019 di gelar pada hari Kamis 5 Desember 2019., bertempat di Benteng Portugis Kecamatan Donorojo Jepara.

1.200 undangan diperkirakan hadir pada kegiatan yang tampil beda dari biasanya tersebut. Pelantikan ini diikuti 136 petinggi terpilih. ”Proses surat keputusan sudah siap, tidak ada sengketa. Tinggal pelantikan, dan tempatnya sudah diputuskan di Benteng Portugis,” terang Kabag Pemdes Setda Jepara Siswanto.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Plt. Bupati Jepara melantik para petinggi desa di Jepara, berlokasi di Benteng Portugis (5/12/2019)

Lokasi yang masuk wilayah ujung utara Jepara ini menjadi pilihan utama dari beberapa alternatif lainnya. Seperti diantaranya Pendapa Kabupaten dan Masjid Astana Sunan Mantingan. Pelantikan di Benteng Portugis menempati taman terbuka di dekat pantai. Konsep ini baru pertama kali dilakukan di tempat terbuka. Sebelumnya, selalu digelar di pendapa kabupaten.

Para petinggi terpilih telah mengikuti geladi kotor di Benteng Portugis pada 4 Desember kemarin . Selanjutnya geladi bersih menjelang pelantikan pada 5 Desember. ”Semoga tidak hujan. Sehingga bisa berjalan lancar sesuai harapan,” imbuhnya.

Dengan pemilihan lokasi bersejarah, ia berharap petinggi terpilih meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Perjuangan Ratu Kalinyamat sebagai tonggak berdirinya Kabupaten Jepara. Serta nilai keadilan dan kejujuran Ratu Shima dalam menjalankan roda pemerintahan.

Benteng Portugis masuk dalam wilayah yang dekat dengan pusat pemerintahan Ratu Shima. Juga tak jauh dari tempat pertapaan Sonder di kawasan Desa Tulakan, Kecamatan Keling. ”Semangat nilai perjuangan pahlawan itu yang menjadi alasan pelantikan dilaksanakan di tempat bersejarah. Jika selama ini di pendapa, tahun ini dipindah ke lokasi lain,” tuturnya. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan