Jepara Marak Tawon Ndas, Damkar Sigap Evakuasi

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Karena meresahkan warga, sarang tawon Vespa Affinis atau dikenal dengan tawon ndas yang menempel di atap rumah warga Jepara Jawa Tengah di evakuasi oleh tim Damkar Jepara.

Dengan maraknya laporan warga yang menjumpai keberadaan sarang tawon ndas, petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jepara terus lakukan evakuasi di beberapa titik lokasi.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Petugas Damkar Jepara melakukan evakuasi terhadap sarang tawon ndas di salah satu rumah warga (Foto : Damkar Jepara )

Dari informasi petugas, bulan Desember 2019 ini saja sudah ada kurang lebih 9 lokasi yang telah dievakuasi petugas.

Kepala Bidang Damkar di Satpol PP Jepara, Surana menyatakan diantaranya yang sudah melaporkan dan kami evakuasi berada di Desa Petekeyan, Kendengsidialit, Gidangilo, Kalipucang Kulon, Wedelan, dan Mambak. Bahkan di beberapa desa, kami bisa melakukan evakuasi di 2 lokasi berbeda.

“Memang kami harus evakuasi, karena rata-rata sarang sudah berukuran besar. Dikhawatirkan, tawon nya menyengat warga sekitar” ungkap Surana.

Sementara itu dibeberapa daerah, kasus tawon ndas ini sudah menjadi perhatian pemerintah karena menimbulkan korban jiwa. Salah satunya di wilayah klaten, tercatat sejak 2016 laporan sarang tawon ndas ini sebanyak 667 kasus.

Dari jumlah tersebut, 10 orang tewas akibat sengatan tawon itu. Sementara di Pemalang, telah menyebabkan 9 korban meninggal sejak 2018.

Sengatannya menimbulkan rasa sakit hebat dan bisa menimbulkan bengkak. Pada manusia, tawon ini sering menyengat pada bagian kepala. Sehingga lebah jenis ini, di masyarakat akhirnya sering disebut sebagai tawon ndas. Sarangnya banyak ditemui di wilayah tropis, dan biasa menempel di bagian kayu atap rumah. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan