Membahayakan, Sarang Tawon Ndas di Evakuasi Petugas

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, KUDUS – Karena meresahkan warga, sarang tawon Vespa Affinis atau dikenal dengan tawon ndas yang menempel di atap rumah warga Kudus Jawa Tengah di evakuasi oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Kudus.

Tak tanggung-tanggung, bahkan dalam sehari petugas bisa mengevakuasi di tiga lokasi yang berbeda. Mengingat serangan tawon yang cukup membahayakan warga ini, telah berulangkali merenggut korban jiwa di beberapa daerah lain.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Tawon Ndas, dengan nama latin Vespa Affinis. ( Foto : Ilustrasi dari Google )

Untuk itu Sofyan Noor salah satu petugas Damkar Kudus yang berada di lapangan, menghimbau kepada warga untu waspada dan segera melaporkan kejadian tersebut kepada petugas. Agar bisa segera ditangani dan tidak menimbulkan korban jiwa.

” Dalam sehari ini, kami sudah mengevakuasi 3 sarang tawon ndas di 3 lokasi berbeda. Diantaranya di rumah warga desa Megawon, Bacin dan Jurang ” terang Sofyan.

Sebelumnya, keberadaan sarang tawon ndas tersebut memang meresahkan warga karena takut disengat. Dengan mengenakan pakaian safety, petugas akhirnya bisa mengevakuasi sarang tawon ndas yang biasanya menghinggapi atap rumah warga.

Menurut pemilik rumah, sebelumnya sarang tawon memang nampak kecil dan tak butuh waktu lama tiba-tiba sarang langsung cepat besar bahkan tawonnya semakin banyak. ” Itu ya tak kira kecil segitu pak, ndak tahu kok tiba2 malah membesar” ungkap Eka Laela Rahmawati.

Di Kudus sendiri, menurut petugas Damkar selama bulan November kali ini sudah mengevakuasi sebanyak lima belas sarang lebah jenis vespa affinis atau tawon ndas. Warga diminta segera melaporkan ke petugas BPBD atau Damkar setempat jika keberadaannya mulai bersarang di lingkungan masyarakat dan semakin besar. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan