Rawan Tumbang, DLH Jepara Pangkas Pohon Menjelang Musim Hujan

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Dengan masuknya musim penghujan, petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara tentunya harus kerja ekstra untuk mengawasi beberapa pohon besar di wilayahnya.

Bahkan ada sejumlah pohon yang besar dan tua harus dipangkas oleh petugas pada Jumat (22/11/2019). Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya pohon ataupun ranting tumbang saat musim hujan nanti.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Petugas membersihkan beberapa ranting pohon ( Foto : Istimewa )

Kepala DLH Jepara, Farikha Elida, menjelaskan kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap menjelang musim hujan. “Kami antisipasi sedini mungkin, karena beberapa kali kejadian pohon ataupun ranting tumbang rata-rata terjadi saat musim hujan disertai angin kencang” terangnya.

Biasanya, awal musim hujan acap kali terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Tentu, keberadaan pohon besar yang tua akan membahayakan ketika diterjang angin kencang. Pemangkasan pohon dimulai dari kawasan Pasar Jepara Satu, Jalan Sutomo, dan Jalan Ki Mangunsarkoro.

Selain pohon yang berada di Jepara kota, pihaknya juga menyisir pohon yang ada sejumlah titik di Kabupaten Jepara. Misalnya di Desa Kedung, Bawu, dan Bandengan. Pemangkasan di sejumlah titik juga dilakukan oleh pihaknya lantaran permintaan warga.

“Pohon yang menggangu jaringan listrik juga kami pangkas, supaya tidak membahayakan,” jelasnya.

Bahkan setelah berita ini dilansir, ada laporan dari warga untuk pembersihan dahan dan pelepah pohon disepanjang jalan Soekarno-Hatta Tahunan. Mengingat disepanjang jalan tersebut, menjulang tinggi ratusan pohon palem yang berderet di sepanjang bahu jalan. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan