Seribu Personel Gabungan Amankan Pilkades Serentak 115 desa di Kudus

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, KUDUS РSekitar Seribu lebih personel gabungan yang terdiri dari Polri dan TNI diterjunkan untuk mengamankan Pilkades Serentak di 115 desa yang ada di Kabupaten Kudus pada 19 November mendatang. 

Kapolres Kudus AKBP Saptono cek kendaraan dinas kesiapan pengamanan Pilkada Serentak di Lapangan Simpang 7, Senin pagi (18/11/2019).

Dalam apel gelar pasukan pengamanan pilkades serentak Kudus tahun 2019, sedikitnya 980 personil dilibatkan dalam pengamanan pilkades serentak. Dari 980 personil Polres Kudus dibantu Brimob Polda Jateng dan 5 kota se-Eks Karisidenan Pati dan Polres Demak demi suksesnya pesta demokrasi di kudus kali ini.

Dari 115 desa dalam pilkades serentak di Kudus ini, Polres Kudus tetapkan 15 desa dalam pantuannya mempunyai kerawanannya. Faktor kerawanan tersebut berada pada salah satu faktor jumlah DPT besar, pengelompokan massa/yang bersaing ketat dua calon berimbang kuat.

Pemerintah Kabupaten Kudus berharap pilkades yang berlangsung pada Selasa 19 november 2019 prosesnya dapat berjalan lancar. Kapolres Kudus AKBP Saptono menegaskan, kerawanan pesta demokrasi kali ini sudah di lokalisir, pihaknya memastikan masyarakat dapat datang ke TPS dengan aman dan nyaman untuk menyalurkan hak pilihnya demi suksesnya pilkades serentak kali ini.

Kapolres Kudus AKBP Saptono mengatakan ada 15 desa di Kabupaten Kudus yang masuk dalam kategori rawan yang tersebar di beberapa kecamatan. Kerawanan ini disebabkan faktor pemilih yang besar dan tanah bengkok yang luas, serta faktor-faktor lainnya.

“Kita ada BKO dari Brimob Polda Jateng, Dalmas Polda dan dari Dalmas dari jajaran eks Karisidenan Pati dan Polres Demak dalam hal ini dengan perkuatan personil yang diperlibatkan,” Kata Saptono.

Kita memberikan rasa aman dan nyaman setidaknya agar pesta demokrasi pilkades ini berjalan dengan baik dan lancar aman dan kondusif sehingga masyarakat bisa bebas memberikan hak pilihanya tanpa ada gangguan atau takut datang ke TPS karena adanya intervensi ataupun adanya hal hal yang membuat mereka cemas.

Menurut Plt. Bupati Kudus Hartopo mengatakan ada beberapa yang kita sampaikan kerawanan ada sekitar 15 desa yang kita paparkan bahwa kerawanan itu bukan karena masyarakatnya yang gak baik atau ada beberapa faktor faktor yang perlu kita antisipasi,”ujar Hartopo.

“Sebelumnya kita memberi sosialisasi bagaimana kondisi pilkades ini supaya tetep kondusif tidak ada hoax dan blackcampaign artinya tidak ada artinya murni untuk pesta demokrasi yang nantinya setelah ini akan berjalan dengan baik dengan kondusif dan normal kembali seperti yang kita harapkan,” imbuhnya.

Sedikitnya 115 desa besok bakal jalani pilkades serentak, tak hanya Polri pengamanan juga di bantu oleh 329 personil TNI dan 3400 Satlinmas. (BP/02).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan