Dua Warga Pati di Bui 1,2 Tahun, Setelah Tertangkap Pesta Narkoba

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, PATI – Peredaran narkoba di kota Pati masih menjadi perhatian khusus pihak berwenang. Bahkan baru-baru ini dua pemakai narkoba jenis sabu-sabu divonis 1,2 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pati. Mereka adalah Ardian Kurniawan (31) warga Desa Semirejo, Kecamatan Gembong dan Andre Bintang Nugroho (22) warga Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati.

Menurut Humas PN Pati Agung Iriawan mengatakan, Hakim Ketua Barita Sinaga dan didampingi Hakim Anggota Grace Meilanie PDT PASAU dan AA Putu Putra Ariyana menyatakan kedua orang tersebut terbukti bersalah melakukan tindak pidana secara bersama-sama menyalahgunakan narkotika golongan I bagi diri sendiri.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Sabu-sabu hasil penggerebekan Polisi dari tersangka

Menurutnya, kedua terdakwa terbukti bersalah sesuai dakwaan subsider Jaksa Penuntut Umum (JPU) Purwono dan Heru Haryanta. Vonis pidana itu sesuai dengan pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Vonisnya, kedua terdakwa dijatuhi hukuman 1,2 tahun penjara,” katanya, Selasa (12/11/2019).

“Putusan tersebut lebih ringan empat bulan, dari yang semula Jaksa menuntut terdakwa dengan delapan belas bulan penjara,” ujarnya.

Beberapa pertimbangan yang memberatkan kedua terdakwa adalah tidak mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Sementara pertimbangan yang meringankan kedua terdakwa mengakui perbuatannya, menyesal dan berjanji tidak mengulanginya lagi, serta belum pernah dihukum.

Selain menjatuhkan hukuman, majelis hakim juga memerintahkan untuk memusnahkan barang bukti yang berhasil disita. Yakni dua paket sabu beserta tisu pembungkusnya, sebuah bong terbuat dari botol minuman mineral, sebuah korek api dan telepon genggam.

Seperti yang terungkap di persidangan kedua pemakai narkoba ini ditangkap Satresnarkoba Polres Pati, di rumah kos di Jalan Panglma Sudirman di Desa Puri, Kecamatan Pati, pada Kamis malam (15/8/2019) lalu. Dari tangan kedua terdakwa, polisi menemukan dua paket sabu terbungkus plastik bening. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan