FPRB Jepara, Rakor Bersama Satukan visi Menghadapi Bencana

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, Jepara – Kesiapsiagaan masyarakat Jepara khususnya dalam menghadapi potensi bencana terus ditingkatkan, apalagi dalam menghadapi musim kemarau panjang selama bulan Agustus – November ini. Salah satunya dengan adanya Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) tingkat Kabupaten Jepara, dengan adanya forum tersebut diharapkan seluruh stakeholder yang terdiri dari unsur pemerintahan, TNI-Polri, relawan, akademisi, swasta dan unit badan usaha ini bisa bersinergi dalam mengurangi risiko bencana daerah bersama-sama.

“Semua elemen harus terus meningkatkan kerja sama, mau menjalankan tupoksi sesuai perannya” ajak Fathur Rohman Ketua FPRB Kabupaten Jepara saat memimpin rapat koordinasi bersama pengurus pada selasa (23/10) bertempat di ruang rapat Gd. Satpol PP Jepara.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Rapat koordinasi Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kab. Jepara

Forum PRB Jepara masa periode 2017-2020 ini bermitra dengan BPBD dalam mengemban tugas merumuskan berbagai regulasi berkaitan dengan kebencanaan, berkoordinasi dalam komando tanggap bencana serta bersosialisasi ditengah masyarakat kaitannya dengan risiko bencana.

Forum PRB Jepara juga merupakan platform PRB di tingkat Kabupaten Jepara yang menyediakan mekanisme untuk meningkatkan kolaborasi dan koordinasi kepada para pemangku kepentingan melalui upaya-upaya dan aktivitas-aktivitas PRB dengan proses konsultatif dan partisipatif, yang selaras dengan pelaksanaan kerangka kerja PRB pada arah kebijakan, perencanaan dan program pembangunan nasional dan daerah.

Diungkapkannya juga, beberapa desa di Jepara saat ini juga tengah membutuhkan uluran tangan dalam pengadaan air bersih yang kini melanda kurang lebih 28 Desa. Serta persiapan dalam menghadapi musim penghujan akhir tahun 2019, bahkan ada beberapa isu terkini tentang penghijauan untuk menghadapi krisis air di tahun 2050.

Mengenai wacana penghijauan, DLH Jepara sendiri telah menyiapkan berbagai aneka tanaman untuk program reboisasi. Tinggal menunggu waktu yang tepat saja di musim penghujan, jika memungkinkan akan dilaksanakan di bulan Desember – Januari nanti.

Dalam kesempatan ini Ketua FPRB Jepara Fathur Rohman, menjelaskan, ada beberapa langkah yang akan kita ambil untuk tugas kita kedepan. Diantaranya, studi banding ke FPRB daerah lain yang sudah lebih baik dalam pengelolaan forum dan beberapa rekomendasi untuk Pemkab Jepara dalam bidang kebencanaan. (BP/01)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan